Print
Category: Sample Data-Articles
Hits: 148

 

Prodi Statistika mulai menyelenggarakan kegiatan akademik sejak tahun 2013 dan telah berakreditasi B. Sejak berdiri hingga sekarang, prodi ini sangat diminati oleh para calon mahasiswa, untuk semua jalur masuk Perguruan Tinggi, dari seluruh pelosok Indonesia (Sabang hingga Merauke) dan juga luar negeri.

Departemen Statistika FMIPA Universitas Syiah Kuala menawarkan program S1 yang memberikan kesempatan untuk mendaatkan pengetahuan ilmu Statistika yang berkualitas dan modern, pembelajaran berbasis student centered learning, seperti learning by doing, learning by skill, learning by work dan learning by experience yang baik, menjadikan Departemen Statistika sangat berpeluang untuk menjadi salah satu bagian sistem pendidikan yang siap mencetak lulusan yang mampu memiliki keahlian di bidang Statistika maupun Aplikasinya khususnya di bidang Statistika Bisnis dan Industri, Biostatistika, Statistika Komputasi, serta Statistika Kepemerintahan dan kebijakan publik. Selain itu untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, unggul, mandiri, kreatif dan inovatif serta mampu memahami dan mengaplikasikan data untuk menyelesaikan masalah di berbagai bidang.

Para dosen Prodi ini merupakan lulusan S3 dan S2 dari top rangking perguruan tinggi di berbagai negara, seperti Amerika, Jerman, Belanda, Inggris, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Para lulusan Prodi ini dipersiapkan untuk mampu bekerja di berbagai bidang sesuai kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dalam era digitalisasi (4.0) saat ini menunjukkan perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat. Kondisi ini menuntut kecepatan, ketepatan dan keakuratan dalam menganalisa suatu informasi dan data.  Hal ini memungkinkan proses pengolahan data, penyajian, pemetaan, pengujian, pengestimasian, pemodelan, dan pengambilan keputusan secara efektif dan efisien. Kemajuan dan perkembangan sains dan ilmu dasar juga memberikan suatu bukti signifikan bagi kehidupan modern (society 5.0). Peranan ilmu dasar khususnya Statistika merupakan suatu hal yang sangat diharapkan khususnya dalam menunjang perkembangan dan kemajuan IPTEK bangsa Indonesia dan dunia. Semakin pentingnya perkembangan ilmu data seperti Big Data, Data Science, Data Mining, Database, dan Data Analysis memberikan kontribusi yang penting dalam memanfaatkan, mengolah, mengeksplor sumber daya yang dimiliki, dalam pengembangan IPTEK yang berhubungan dengan analisis dan pengolahan data di berbagai belahan dunia. Lulusan prodi ini juga diharapkan mampu menerapkan pengetahuan statistika untuk permasalahan sosial, ekonomi, kesehatan, politik, pemerintahan, ekologi, lingkungan, kependudukan, militer, pertanian, dan sebagainya. Lulusan Prodi ini telah bekerja di berbagai bidang di Indonesia dan juga di luar negeri. Menurut data sementara, para alumni Prodi ini telah bekerja sebagai Akademisi (dosen) diberbagai perguruan tinggi (Negeri/Swasta), Birokrat diberbagai instansi pemerintahan (PNS), BUMN, Perusahaan Swsata, Bank, TNI-Polri, Guru, Konsultan, serta Wirausahawan mandiri.