Darussalam- Statistics Explore atau yang lebih dikenal dengan Stat Explore merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) Unsyiah. Tema yang diangkat pada Stat Explore 2020 adalah “Big Data: The Source of Development”, dengan tujuan untuk menjadikan generasi milenial agar dapat memanfaatkan peranan dari big data secara optimal guna menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Stat Explore dilaksanakan menggunakan aplikasi video conference, yaitu Zoom Meeting dikarenakan pandemi COVID-19. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada Senin dan Selasa, 28-29 September 2020.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, pada acara Opening Ceremony Stat Explore 2020 yang dilaksanakan pada pagi Senin, 28 September 2020. Opening Ceremony ini sendiri dihadiri oleh Bapak Zainal Arifin Lubis selaku Pimpinan Bank Indonesia cabang Aceh. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan apresiasi beliau terhadap kreativitas mahasiswa/i jurusan Statistika dalam pelaksanaan Stat Explore 2020 dan beliau berharap agar Stat Explore dapat terus diadakan pada tahun-tahun berikutnya dan semakin baik kedepannya. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ini patut didukung sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Beliau juga berharap kedepannya mahasiswa/i Statistika dapat menjadi orang-orang yang terampil pada bidangnya, mempunyai visi-misi serta kemampuan analisis yang kuat mengingat betapa pentingnya ilmu statistika di berbagai bidang kehidupan. Opening Ceremony ini juga dihadiri oleh tamu undangan lainnya yang turun membantu dan mendukung terlaksananya Stat Explore 2020. Berdasarkan laporan dari ketua panitia Stat Explore 2020, Muhammad Farhan Perwira Nasution, kegiatan ini sendiri diikuti oleh 2106 peserta dari 5 kegiatan utama yang diselenggarakan pada Stat Explore 2020 ini.

Lima kegiatan utama Stat Explore 2020 yaitu Seminar Internasional, Seminar Nasional “Entrepreneurship in Digital Era”, Lomba Desain Infografis, Data Science Competition (DSC) , dan juga Pelatihan Software, yang mana masing-masing dari kegiatan mengangkat tema yang berbeda.

Dua kegiatan yang bersifat perlombaan digelar di seluruh Indonesia, yaitu DSC dan Desain Infografis. DSC diperuntukkan bagi siswa SMA/MA sederajat di seluruh Indonesia yang diikuti oleh 32 tim yang mana tiap timnya terdiri dari dua orang siswa/i. Untuk lomba Desain Infografis sendiri mengusung tema “Optimalisasi Big Data dalam Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Pada Era Revolusi Industri 4.0" ini ditujukan untuk mahasiswa/i aktif dari PTN/PTS/PTK di seluruh Indonesia. Tujuan pelaksanaan lomba yaitu sebagai sarana bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menyajikan data statistik sesuai kasus yang diangkat berdasarkan topik dalam desain poster yang menarik.

Berikut kegiatan ketiga yaitu seminar internasional dengan mengusung tema “The Global Impact of Coronavirus : A Socioeconomic Perspective with Data”. Seminar ini membahas tentang bidang sosial dan ekonomi yang terdampak dari adanya COVID-19 di dunia dengan mengundang pemateri yang berasal dari Malaysia, Thailand dan Indonesia, yaitu Firdaus Dahlan selaku Director of Centre for IMT-GT Subregional Coorperation Kuala Lumpur, Prof. Dr. Virasakdi Chongsuvivatwong selaku Executive Director of Institute of Research and Development of Southern Thailand dan Yati Kurniati Executive Director of Head of Statistics Department Bank Indonesia. Kegiatan ini dipandu oleh wakil rektor 4 Univ.Syiah Kuala, Dr. Hizir Sofyan, selaku moderator.

Berlanjut kepada kegiatan yang keempat yaitu seminar Nasional “Entrepreneurship in Digital Era” bertemakan “Membentuk Pola Pikir Pengusaha Muda Guna Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Bangsa di Era Pandemi COVID-19”. Seminar ini membahas peran kewirausahaan dalam memajukan dan meningkatkan perekonomian bangsa terutama pada masa pandemi COVID-19. Tujuan dari seminar ini adalah untuk memberi motivasi kepada peserta seminar agar mampu mengubah pola pikir menjadi seorang pebisnis serta terbukanya mindset entrepreneur dalam menghadapi Era industry 4.0.  Seminar ini mengundang pemateri yang berpengalaman pada bidang nya, Rizky Syahputra, SE, MM selaku Ketua HIPMI Aceh, Muhammad Rendi Nugraha selaku Head of Group Government Project Link Aja, Ikhwan Reza, S.T selaku Founder & CEO Bagidata serta Wardaturriqa selaku owner Saga Nasi Kue, dengan opening speech oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Dr.Wildan, M.Pd.  Pada akhir acara dibagikan enam doorprize kepada para peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik.

Kegiatan kelima atau kegiatan terakhir adalah Pelatihan Software Python Online dengan tema “Mengembangkan Skill dalam Pengolahan Data Menggunakan Software Python”. Pelatihan diawali dengan sambutan dari Dr. Khalil Muchtar, S.T., M.Eng. sebagai Kepala Pusat Riset Telematika Unsyiah.  Beliau menyampaikan alasan mengapa software Python penting untuk dipelajar, salah satu alasannya adalah tren software Python yang dari hari ke hari semakin meningkat . Adapun pemateri dari pelatihan software ini adalah Nidya Tatsara, S.Stat dan Elfayani, S.Stat yang merupakan alumni jurusan Statistika Unsyiah.  Sedangkan moderator untuk acara ini adalah Nurul Hidayati.

Acara ini ditutup dengan closing ceremony pada sore Selasa, 29 September 2020 oleh Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unsyiah, Dr. rer. nat Ilham Maulana, S.Si. Pengumuman pemenang lomba Desain Infografis dan DSC dilakukan bersamaan dengan Closing Ceremony Stat Explore 2020.

Untuk cabang Desain Infografis, Juara 1 diraih oleh peserta dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Era Ardhya Pramesti, Hikmatul Islamiyah), Juara 2 dimenangkan peseta dari Politeknik Statistika STIS (Muhamad Bagus Adji Briliyanto, Aprilia Lutviana Dewi), Juara 3 dimenangkan oleh peserta dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Vanda Fitriyanah, Fahrila Annasiyah), dan Juara Favorit diraih oleh peserta dari Universitas Sebelas Maret (Faradilla Ardiyani, Rizka Akmalia). Sedangkan untuk cabang lomba DSC Juara 1 diraih oleh SMAN Unggul Aceh Selatan (Waisul Qarani, Rizki Mulia), Juara 2 dimenangkan oleh MAN 1 Aceh Barat (Siti Arafah Carolina, Nursyifa Aulia), dan Juara 3 dimenangkan oleh SMAN Modal Bangsa (Dinar Fawwaz, Miftahul Chosyi)