Hari Statistik Nasional (HSN) 2016 dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara. Salah satunya adalah Kuliah Umum  yang digelar Prodi Statistika Universitas Syiah Kuala bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh. Kuliah ini diisi oleh Drs Wahyudin MM, Kepala BPS Provinsi Aceh.

Tokoh Statistik asal Nusa Tenggara Barat ini memberikan kuliah dengan judul Data Statistik untuk Penelitian dan Perencanaan Pembangunan. Acara ini digelar pada 29 September 2016 di Perpustakaan Prof Dr Abdullah Ali Kampus Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.

Mahasiswa Statistika dari seluruh angkatan hadir mengikuti kuliah umum perdana di Prodi Statistika pada tahun akademik 2016/2017 ini. Dalam acara yang juga didukung oleh Himasta Unsyiah, IHMSI, dan ISI Wilayah Aceh ini, tampak pula duduk di barisan paling depan beberapa Dosen Statistika dan para pejabat dari BPS Provinsi Aceh. Acara yang dipandu langsung oleh Dr Saiful Mahdi ini berlangsung semarak sejak pagi hingga siang dengan jumlah peserta mencapai 150 orang. (mz)