Musyawarah Nasional XIII Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistika Indonesia (Munas XIII IHMSI) dilaksanakan di Batu, Jawa Timur dengan Universitas Brawijaya sebagai tuan rumahnya. Munas kali ini menghadirkan 30 Himpunan Mahasiswa Statistika dan Himpunan Mahasiswa Matematika yang memiliki peminatan Statistika dari ujung Sumatra hingga ujung Sulawesi. Munas XIII berlangsung selama 4 hari, yakni pada tanggal 25 hingga 28 November 2016 dan mengangkat tema “Bersatu dalam Perbedaan untuk Mencapai Kata Mufakat Bersama IHMSI Menuju INDONESIA HEBAT”

Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Syiah Kuala (Himasta Unsyiah) pada kesempatan ini mengirimkan sebanyak 6 orang delegasi, yakni Dhahratul Aini, Febri Rahmadini, Tri Wahyudi, Wardatul Jannah, Pocut Asri Cahyani dan Arif Saputra yang berasal dari angkatan 2013, 2014 dan 2015. Delegasi dari Aceh sendiri disambut dengan hangat oleh tuan rumah serta peserta dari universitas lainnya.

Munas kali ini agak sedikit berbeda dari yang sebelumnya, karena pada Munas XIII ini untuk pertama kalinya bendera IHMSI dikibarkan dan Lagu Mars IHMSI dilantunkan dan didengar oleh seluruh peserta dan tamu undangan pada pembukaan Munas IHMSI XIII. Selain itu, agenda persidangan yang telah dilakukan tidak jauh berbeda dengan agenda Munas XII yang dilaksanakan di Jatinagor, Jawa Barat pada tahun 2014 lalu.

Hasil dari Munas XIII adalah menetapkan Arif Firmansyah sebagai Sekretaris Jenderal dan Tri Mona Syaulia sebagai Badan Pengawas Pusat IHMSI periode 2016-2018, keduanya berasal dari Universitas Padjadjaran. Kemudian menetapkan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai tuan rumah Musyawarah Kerja Nasional XV (Mukernas XV) yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2017 dan menetapkan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai tuan rumah Musyawarah Nasional XIV (Munas XIV) yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Selain dari agenda persidangan, agenda terakhir merupakan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta Munas XIII yaitu refreshing trip. Peserta dibawa menuju Selecta, salah satu objek wisata yang terdapat di Batu. Para peserta disuguhi pemandangan kebun bunga Selecta yang tidak diragukan lagi keindahannya. Selain itu peserta juga dibawa ke pusat oleh-oleh khas Kota Malang di Batu, yaitu Deduwa.

IHMSI merupakan sebuah lembaga kemahasiswaan yang anggotanya terdiri dari Himpunan Mahasiswa Statistika atau Matematika yang memilliki peminatan Statistika yang tersebar di seluruh Indonesa. IHMSI berdiri sejak tanggal 21 November 1987 dalam Temu Wicara III Mahasiswa Statistika se-Indonesia di Surabaya. Kini IHMSI telah memiliki 30 anggota dan kedepannya akan terus bertambah. Karena sekarang diyakini bahwa Statistika itu penting dalam proses perkembangan menuju Indonesia Hebat.