himasta

Koordinator Program Studi (Koprodi) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Dr Miftahuddin melantik Pengurus Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) periode 2017-2018 pada Sabtu, 24 Februari 2018. Acara ini berlangsung di Ruang 12.01.002 Gedung RKU II Universitas Syiah Kuala. Menurut Ketua Panitia Muhammad Iqbal, beberapa dosen turut hadir dalam acara itu seperti Dr Zurnila Marli Kesuma, Nurhasanah, dan Latifah Rahayu Siregar.

Selain itu, menurut Iqbal, hadir pula Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas MIPA Unsyiah Rosihan Maulana Arby serta Ketua Himasta 2016-2017 Zulfazli. “Acara ini juga menghadirkan 2 mahasiswa asing masing-masing dari Palestina dan Senegal. Keduanya diberikan waktu untuk bercerita tentang pengalaman mereka kuliah di luar negeri (di Indonesia). Hadir para undangan lain seperti para ketua himpunan mahasiswa dan organisasi mahasiswa se-Fakultas MIPA Unsyiah,” terang Iqbal. Himasta periode ini diketuai oleh Aditya Pranata dan didampingi Wakil Ketua Radian Akrama. Untuk dua posisi sekretaris ditempati Arif Saputra dan Rozatul Balqis. Sedangkan Ridha Amalia dipercayakan sebagai bendahara. Mereka semua berasal dari angkatan 2015.

Aditya Pranata menjadi Ketua Himasta yang ke-3 setelah terpilih secara demokratis dalam Pemilihan Ketua Himasta 2017-2018 yang berlangsung pada 24 Desember 2017. Pada pemilihan itu, Aditya berhasil mengungguli saingannya Radian Akrama. Dalam sambutannya setelah pelantikan, pria berkacamata ini menyatakan tekadnya untuk membangun rasa kekeluargaan dalam lingkungan Statistika antara mahasiswa dengan mahasiswa dan juga mahasiswa dengan dosen, dan alumni. Dia juga ingin membangun Himasta yang solid dan bersinergi, seraya meminta bantuan serta doa untuk dapat mewujudkan itu semua. “Semoga mahasiswa Statistika lebih kompak dalam membangun Prodi Statistika yang jaya. Semoga periode ini lebih baik dari periode sebelumnya,” harapnya.

Himasta merupakan wadah perkumpulan resmi mahasiswa Prodi Statistika yang lahir pada tahun 2015. Saat ini, Himasta menaungi sekitar 160 mahasiswa aktif yang berasal dari 5 angkatan. Ketua Himasta 2015-2016 dijabat Nur Fajri Aldi dari angkatan 2013 dan Zulfazli (angkatan 2014) menjabat untuk periode 2016-2017.

Pelantikan Hmpunan 2017.2018

Seminar Kepemimpinan

Acara pelantikan ini dirangkai dengan Seminar Kepemimpinan dengan menghadirkan narasumber Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas MIPA Dr rer nat Ilham Maulana. Di depan para peserta seminar, Dr Ilham menekankan tentang pentingnya sikap tenang dari seorang pemimpin agar jika organisasi yang dipimpinnya menghadapi suatu masalah maka pemimpin dapat menemui solusi yang bijak. Acara seminar ini dipandu oleh Ananda Pratama Sitanggang, mahasiswa Statistika yang tahun lalu terpilih sebagai Duta Baca Unsyiah.

 

 Profil Ketua

Aditya Pranata dilahirkan di Sabang pada 6 Juni 1997. Putra dari pasangan Bapak Amiruddin dan Ibu Teti Darmawati ini merupakan alumni MAS Ruhul Islam Anak Bangsa, Aceh Besar. Sejak awal kuliah, anak ke 2 dari 3 bersaudara ini sudah aktif berorganisasi. Setelah menjadi mahasiswa, Aditya langsung aktif di BEM Unsyiah dan UKM Seuramoe Seni Fakultas MIPA Unsyiah. Setahun berikutnya, Aditya juga bergabung dengan Himasta

ketua-himasta-2018