Satu dari Sembilan Mahasiswa FMIPA UNSYIAH merupakan Mahasiswa Jurusan Statistika (Salsabila Mahdi, Angkatan 2017) FMIPA Unsyiah yang ikut ke China, dalam rangka mengikuti Program Mobilitas Mahasiswa (Student Mobility Program). Program ini berlangsung selama 12 hari sejak tanggal 12 Oktober.

Kesembilan mahasiswa yang dikirim tersebut diseleksi dari sekitar 1.700 orang mahasiswa aktif FMIPA saat ini. Seleksi dititik beratkan kepada prestasi akademik, prestasi ekstra kurikuler, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, dan wawasan umum.

Wakil Dekan FMIPA Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. rer. nat. Ilham Maulana menjelaskan bahwa Student Mobility Program adalah program khusus yang hanya ada di FMIPA UNSYIAH, yang mengirimkan mahasiswa ke luar negeri setiap tahun. "Program ini bertujuan untuk membuka wawasan internasional para mahasiswa, memberikan mereka kesempatan untuk menikmati atmosfir pendidikan di berbagai perguruan tinggi dunia, serta memotivasi mereka untuk melanjutkan studi di luar negeri nantinya," lanjut Ilham.