Dosen dan Mahasiswa Jurusan Statistika FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Universitas Syiah Kuala ikut untuk membantu proses pelaksanaan SP 2020, dan Universitas Syiah Kuala berkomitmen untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan, pada pembukaan Rapat Koordinasi Kampus Sensus Penduduk 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh di Aula FMIPA Unsyiah. (Banda Aceh, 11/3/2020).

Marwan mengatakan, pelaksanaan SP 2020 merupakan tanggung jawab besar yang harus dilaksanakan oleh BPS. Meskipun demikian, agenda nasional itu pada hakikatnya adalah tanggung jawab kita bersama untuk menyukseskannya. Sebab Data yang dikumpulkan dari SP 2020 ini, sangat membantu pemerintah dalam memutuskan sebuah kebijakan untuk mensejahterakan rakyat.

Oleh sebab itu, Unsyiah melalui Program Studi Statistik dan sejumlah mahasiswanya, yang dikenal dengan “Sahabat Sensus” turut membantu proses pelaksanaan SP 2020 ini.

Marwan berharap, dengan dukungan ini BPS bisa melaksanakan tugasnya secara baik, sehingga bisa menghasilkan data kependudukan yang valid untuk pembangunan Indonesia.

“Maka mari kita dukung tugas BPS ini agar berjalan lancar. Jadi, sensus Penduduk 2020 ini bukan hanya beban BPS, tapi tanggung jawab kita semua,”  ucap Marwan.

READ MORE