Pengabdian pada masyarakat secara online dengan tema Automatic Statistician di Kampus Univeristas Syiah Kuala, Banda Aceh, 25 November 2020.

Kegiatan pelatihan series bertema automatic statistician series 1 merupakan rangkaian pelaksanaan program pengembangan usaha produk intelektual kampus (PPUPIK) Unsyiah dalam bidang penelusuran, pengumpulan dan pengolahan serta analisis data menggunakan SQL. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. R. Bagus F. Hakim yang merupakan pakar data mining dan Big Data berasal dari UII Yogyakarta.

Dalam pembukaan kegiatan ini Dr Miftahuddin (ketua PPUPIK) menyampaikan apresiasi yang tinggi pada peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dalam pelatihan ini hadir peserta sebanyak 160 orang yang berasal dari berbagai daerah, seperti Ketua Jurusan/Koordinator/Ka Prodi Statistika Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Tanjungpura Pontianak, Universitas Matana Jakarta, Kepala KUI Universitas Negeri Medan, Kepala-kepala Sekolah SMK/SMA/MTsN, Kalab Robotik, instrumental dan programming, Kasi dan Staf berasal dari BPS dari kabupaten/kota di provinsi Aceh hingga Padang, Sumatera Barat. Kolega dari Fakultas Ekonomi, Jurusan Matematika, Jurusan Fisika FMIPA, FKIP Unsyiah, peserta dosen berasal dari Universitas Muhammdiyah Banjarmasin, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, Universitas Muhammadiyah Gresik, UIN Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Al Ihya Kuningan, Universitas Cenderwasih Papua, Universitas Hasanuddin, Universitas Harapan Medan, Universitas Sriwijaya, Universitas Jambi, Universitas Udayana, Universitas Lampung, Universitas Yudharta Pasuruan, alumni prodi statistika FMIPA Unsyiah,  mahasiswa S3, S2 dan S1, dari Unpad, IPB, UGM dan praktisi, LSM Pattiro. Hadir juga peserta berasal dari Poltek Pertanian Kupang, NTT, Poltek Aceh Selatan, Poltek Baja Tegal, IAIN Takengon.

Pada pelatihan ini dibagi dalam tiga sesi, sesi pertama Digital Disruption. Pada sesi pertama memuat memahami bagaimana teknologi mengubah industri dan bagaimana para pemimpin dan organisasi dapat merespon. Kolaborasi antar multi disiplin ilmu dalam menghadapi tantangan ke depan merupakan suatu keniscayaan. Statistician (ahli statistic) adalah salah satu pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat untuk masa depan dan pekerjaan terseksi diabad 21. Pada sesi 2, membawa Data Mining ke dalam konsep Business Iintelligence (kecerdasan bisnis) ke kurikulum. Di Indonesia masih sangat dibutuhkan 600 ribu talenta digital per tahun. Hal ini menjadi tantangan kita, bahwa infrastruktur, sumber daya dan ekosistem perlu dibangun, diperkuat dan dikembangkan menghadapi era globalisasi dan era revolusi industry 4.0. Pada sesi ketiga the automatic statistician membangun kreativitas melalui Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), dimana AI adalah sebuah keniscayaan.              

Kegiatan automatic statistician series 1 bertujuan untuk mensosialisasikan pada masyarakat dan mengotomatiskan ilmu data, menghasilkan prediksi dan laporan yang dapat dibaca dari kumpulan data mentah dengan intervensi manusia yang minimal. Di samping grafik dan statistik dasar, laporan yang dihasilkan berisi kurasi wawasan tingkat tinggi tentang kumpulan data yang diperoleh dari (1) konstruksi model otomatis untuk kumpulan data, (2) perbandingan model ini, dan (3) a komponen perangkat lunak yang mengubah hasil ini menjadi deskripsi bahasa alami. Bab ini menjelaskan arsitektur umum dari sistem automatic statistician, dan membahas beberapa keputusan desain dan tantangan teknis. Semoga melalui kegiatan ini dapat memperkuat silaturahmi dan sinergi kita dalam memperkokoh dan mengembangkan penerapan statistika di Indonesia dalam era revolusi industri 4.0 dimana literasi data menjadi salah satu pilar kehidupan saat ini.

 

Baca lengkap tentang PPUPIK >>>

https://www.radaraceh.id/2020/11/ppupik-wadah-insan-sinergi-mandiri-dan.html?m=1

https://ksinews.com/detailpost/ppupik-wadah-insan-sinergi-mandiri-dan-solutif-menghadapi-era-revolusi-data

https://www.datariau.com/detail/artikel/ppupik-wadah-insan-sinergi--mandiri-dan-solutif-menghadapi-era-revolusi-data