Produk olahan aneka kuliner berbahan dasar ikan Tuna, sebagai hasil dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Tahun 2019  hadir dalam dua kegiatan besar di Universitas Syiah Kuala. Yang pertama adalah Bazar dan expo HUT Ekonomi ke 60 di Aula Ekonomi dan hadir pula di  Bazar Physics Complex and Open House (PCOH) ke V, di Gedung Jurusan Fisika FMIPA Unsyiah, Darussalam Banda Aceh.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 23-26 September 2019 ini menjadi wadah untuk memasarkan hasil olahan tuna seperti Nugget tuna, Bakso tuna dan ikan keumamah siap saji, sebagai alternatif pilihan makanan berbahan ikan yang saat ini kurang disukai oleh anak-anak  bahkan remaja. Respon positif ditunjukkan oleh banyaknya ibu ibu dan mahasiswi yang membeli produk hasil olahan mitra PKM dari usaha mandiri  dan UD Bawal Lampulo ini. Kegiatan pemasaran melalui bazar  ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya tentang pelatihan membuat aneka olahan berbahan dasar ikan tuna yang dilakukan di Lampulo Banda Aceh. Program kemitraan masyarakat dengan judul Usaha Pengolahan Aneka Kuliner Ikan Tuna di Lampulo Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Provinsi Aceh ini didanai oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) yang dimotori oleh dua orang dosen Jurusan Statistika FMIPA Universitas Syiah Kuala Dr. Zurnila Marli Kesuma, S.Si, M.Si dan Edy Fradinata, ST, MT ini, menggandeng dua  mitra yang saat ini berjualan di sekitar objek wisata boat di atas rumah, di Lampulo Banda Aceh. Yaitu UD Bawal dan UD. Usaha Mandiri.

Kegiatan yang dilakukan antara lain mengajarkan aneka menu makanan olahan dari ikan tuna seperti yang disebutkan sebelumnya, ditambah cara membuat tuna asap. Selain itu, mitra juga dibekali dengan pengetahuan marketing misalnya trik menjual secara mudah dan kekinian, membuat laporan keuangan sederhana, mengurus perizinan hingga mempersiapkan disain merk yang diharapkan dapat membantu mitra untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih baik.

Setiap mitra mendapatkan pula masing masing satu unit alat pengolah ikan asap, alat memasak dan mengolah ikan tuna, stiker merk untuk hasil pengolahan dan bantuan pemasaran.


 Pelatihan Kuliner berbahan tuna


 Bazar di Hut ke 60 F. Ekonomi Unsyiah


Alat pengasapan ikan