Universitas Syiah Kuala (USK) kembali mengukuhkan empat profesor baru dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin oleh Ketua Senat USK yang dilaksanakan secara daring dan luring dari Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 10 Maret 2021). Dari ke empat Pengukuhan Profesor  ini salah satu dosen dari Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yaitu Prof. Dr. Hizir. 

Pengukuhan kali ini masih dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengingat pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Pihak keluarga dan undangan yang diizinkan hadir secara langsung pun sangat terbatas.

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. dalam pidatonya menyampaikan, laju pertumbuhan jumlah profesor di USK dalam beberapa tahun ini cukup baik. Dalam dua tahun ini saja, USK telah berhasil mengukuhkan sebanyak 18 profesor baru dalam 5 kali pengukuhan. Meski dalam rentang waktu yang sama, USK juga kehilangan beberapa profesor, baik karena purna tugas, ataupun meninggal dunia.

“Dengan pengukuhan empat profesor ini, maka jumlah profesor yang ada di USK saat ini berjumlah 86 orang”, kata rektor.

Rektor menerangkan, jumlah tersebut masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan jumlah total dosen yang ada di USK yang saat ini mencapai 1.579. Karena itulah USK terus mendorong dan memfasilitasi para calon profesor di USK untuk segera meraih jabatan fungsional tertinggi dalam karir akademiknya ini.

Prof. Dr. Hizir Sofyan merupakan alumnus DAAD yang memperoleh gelar Doktor dari Humbolt Universitaet Berlin. Prof. Dr. Hizir Sofyan yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Rektor IV Universitas Syiah Kuala merupakan salah satu penggagas program DAAD-Aceh Scholarships of Excellence, sebuah program kerjasama antara pemerintah daerah Aceh dan DAAD yang sudah berjalan sejak tahun 2009. Mengingat perannya tersebut, beliau mendapatkan penghargaan DAAD Award 2015.

Di tengah kesibukkannya sebagai dosen maupun pejabat struktural di Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Hizir Sofyan juga tetap aktif berorganisasi dan pernah menjabat sebagai ketua PAJ Aceh (2006-2012) serta saat ini dipercaya menjadi ketua Forum Statistika Asia Tenggara (International Statistical Institute – ISI).

 

Sumber: https://unsyiah.ac.id/berita/-usk-kembali-kukuhkan-empat-profesor-baru