Statistics Explore (SE) pada tahun 2019 ini merupakn kegiatan kedua yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH). Statistics Explore tahun ini merupakan hasil kerja sama antara Jurusan Statistika FMIPA Unsyiah, Statistics Explore diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa FMIPA dan masyarakat umum mengetahui penerapan ilmu statistika dalam berbagai bidang. Statistics Explore 2019 mengambil tema “Populasi dan Perkembangan Negara: Pembangunan Nasional yang Berwawasan Kependudukan”.

Rangkaian acara yang dihadirkan dalam Statistics Explore adalah MoA antara Jurusan Statistika, Jurusan Matematika , Jurusa Informatika dengan BPS, BPS Provinsi Aceh.antara lain Seminar Nasional, Lomba Desain Infografis, Data Science Competition, Expo, dan donor darah. Bekerja sama dengan Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Aceh, Seminar Nasional yang dihadirkan mengusung tema “Optimalisasi Keseimbangan Demografi dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045” bertempat di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada Sabtu, 28 September 2019.
Pemateri yang dihadirkan di dalam seminar ini antara lain Sahidal Kastri selaku kepala perwalikan BKKBN Provinsi Aceh, Nasrul Wajdi selaku seksi statistik mobilitas penduduk, dan Zurnila Marli Kesuma, dosen statistika Unsyiah selaku moderator.
“Tantangan sensus penduduk di tahun 2020 mendatang ada banyak. Salah satunya adalah pembangunan sistem yang tidak murah, konsep dan kualitas data registrasi, budaya registrasi yang harus ditingkatkan, juga kerja sama tim yang kuat,” ucap Nasrul saat sedang mengisi materi seminar.
Selain seminar, Statistics Explore juga menyelenggarakan lomba desain infografis yang dibuka secara nasional untuk siswa SMA dan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi Indonesia, dan lomba data science competition yang terbuka hanya untuk siswa SMA daerah Provinsi Aceh saja.
Ananda, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa Statistics Explore menjadi ajang melatih diri untuk berorganisasi, memupuk rasa kekeluargaan dan juga membangun sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat umumnya. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat jadi mengenal apa itu statistika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Statistics Explore 2019 dibuka secara resmi oleh WR I yaitu Prof. Marwan dengan menyampaikan apresiasi yang tinggi, kolaborasi kegiatan ini dan semoga unsyiah mendapat menjadi Pelapor SP 2020, era industry 4.0 menuju Society 5.0 institute BPS BKKBN dan relasi unsyiah harus menjadi pelapor Pendata yang terjadi saat initerutama pemanfaatan data dan Informasi. Pada Pembukaan diiringi Penambuh rebana oleh WR I, Dekan FMIPA, Kepala BPS dan Kepala BKKBN Provinsi Aceh.