HIMASTA USK SUKSES GELAR STATISTICS EXPLORE DI HARI STATISTIK NASIONAL

Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) Universitas Syiah Kuala (USK) sukses menyelenggarakan kegiatan tahunan Statistics Explore 2022 yang berlangsung selama tiga hari, dengan mengangkat tema “The Existence of Edutech in the Post-Pandemic Era: An Artificial Intelligence and Data Science”. (Banda Aceh, 26 September 2022).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Himasta menghadirkan tujuh rangkaian acara utama yaitu seminar nasional entrepreneurship, International Student Forum, lomba desain infografis, Data Science Competition, Big Data, Competition, pelatihan software Python dan Expo.

Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Aggusabti, M.Si dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini mengatakan, bahwa dirinya berharap kegiatan ini dapat mempromosikan statistika sebagai ilmu penting.

“Dengan adanya berbagai kemajuan teknologi, peran data sangatlah penting sebagai intervensi berbagai strategi dalam pembangunan kedepan,” ucapnya.

Selanjutnya, dirinya juga mengatakan generasi muda sekarang harus memiliki kapasitas ilmu yang terus dikembangkan. Apalagi saat ini teknologi informasi terus berkembang dengan cepat.

Seusai opening ceremony, selanjutnya  para tamu undangan didampingi oleh Wakil Dekan III FMIPA dan Ketua Jurusan Statistika USK meresmikan Expo Stat Explore yang terdiri dari 20 stand.

Arief Rahby selaku ketua Panitia kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk upaya untuk beradaptasi pada perkembangan teknologi zaman post-pandemic dengan pengaplikasian Artificial Intelligence dan peran Data Sains.

Dirinya juga  menyampaikan terima kasih kepada seluruh suporter utama yaitu Binar Academy, Badan Pusat Statistika Provinsi Aceh dan PT Bank Aceh Syariah serta para media partner yang telah mendukung penuh kegiatan ini.

“Tak lupa pula, apresiasi kepada seluruh peserta dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam rangkaian acara Statistics Explore 2022,” ucapnya.

Meski kegiatan ini perdana dilakukan secara hybrid, tetapi panitia berhasil mengumpulkan 2208 peserta dalam semua rangkaian acara.

Pada siang hari, kegiatan Seminar Nasional Entrepreneurship dibuka langsung oleh Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU selaku Rektor USK dengan menghadirkan Founder Binar Academy yaitu Alamanda Shantika Santoso dan Kepala Badan Pusat Statistika Provinsi Aceh Yaitu Dr. Ahmadriswan Nasution S.Si., M.T sebagai pemateri.

Seminar ini mengajak generasi muda untuk menggandeng startup dalam memajukan perekonomian Indonesia. Founder Binar Academy sekaligus Mantan Vice President dari Gojek memberikan tips untuk membangun startup yaitu terlebih dahulu mengeksplor diri sendiri agar aplikasi yang dibangun nantinya tidak hanya sekedar menjadi ide saja tetapi juga memiliki visi yang jelas.

Dalam seminar ini, Kepala BPS Provinsi Aceh membahas tentang Peningkatan peran literasi masyarakat dengan 4K yaitu Konsep, Kompetensi, Komitmen dan Kelembagaan.

Acara ini ditutup pada Rabu, 28 September 2022 oleh Wakil Dekan III FMIPA Dr.rer. nat. Ilham Maulana, S.Si. Dalam penutupan Statistics Explore 2022 diumumkan pemenang Data Science Competition, Big Data Competition dan lomba desain infografis.

Untuk cabang lomba desain infografis, juara 1 dimenangkan oleh peserta dari Universitas Tadulako. Juara 1 Big Data Competition dimenangkan oleh Universitas Gajah Mada Sedangkan untuk Data Science Competition, juara 1 dan piala bergilir diraih oleh peserta dari SMAN Modal Bangsa Aceh.

Sumber : https://unsyiah.ac.id/berita/himasta-usk-sukses-gelar-statistics-explore-di-hari-statistik-nasional

 125 total views,  2 views today