SPARG Belajar Vensim

Print

 Rabu, 26 Februari 2014 pukul 8.15 WIB,  seperti biasanya mahasiswa dan alumni yang tergabung dalam grup riset SPARG mengadakan pertemuan rutin di ruang seminar ICAIOS. Pertemuan rutin ini biasanya untuk membahas kemajuan tugas akhir dan isu-isu yang menjadi perhatian kelompok riset tentang survey dan analisis kebijakan ini. Diskusi dipimpin oleh Dr. Saiful Mahdi. Tidak seperti biasanya pada pertemuan kali ini, seorang mahasiwa ditugaskan untuk mempresentasikan serta mendemokan hasil penelusurannya tentang sebuah perangkat lunak yang bernama Vensim (Ventana System). Vensim merupakan software simulasi yang dapat digunakan sebagai tool untuk membantu menyelesaikan masalah seperti masalah ekonomi, sosial, fisika, kimia, biologi, sejarah, dll. Software ini sering digunakan untuk pemodelan sistem dinamik dan kini mulai populer digunakan untuk penelitian.

Devi Firmansyah, mahasiswa yang ditugaskan ini juga memaparkan bahwa software ini sangat jarang digunakan oleh mahasiswa S1. Sejauh penelusurannya, penggunaan Vensim didominasi oleh mahasiswa S2 sebagai bagian dari tesis dan penelitian ilmiah seperti di kementrian yang bergerak dalam bidang pertanian. Anggota SPARG dan Dr. Saiful Mahdi terlihat sangat antusias mendengarkan. “Bagi yang masih bingung mengenai penelitian Tugas Akhir, dapat menjadikan software ini sebagai alat bantu dalam penelitiannya,” ujar Devi, mahasiswa FMIPA Matematika Unsyiah yang juga Laboran pada Laboratorium Statistika Komputasi ini.

Selanjutnya Dr. Saiful berharap penggunaan Vensim dapat membuka kesempatan mahasiswa Matematika dan Statistika untuk menjelajah bidang-bidang aplikasi yang lebih luas. “Salah satu mahasiswa Matematika, misalnya, sedang meneliti tentang projeksi penduduk Kota Banda Aceh sebagai sebuah sistim dinamis dengan bantuan software ini,” ujar Dr. Saiful yang termasuk dosen pertama yang memperkenalkan Vensim di Unsyiah [df]

 

Hubungi Kami

Universitas Syiah Kuala
Jl. T. Nyak Arief, Darussalam
Banda Aceh 23111
Kontak : 085372061778
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Partner

    

 

Pengunjung

3471
Hari IniHari Ini1
KemarinKemarin3
Minggu IniMinggu Ini22
Bulan IniBulan Ini75
TotalTotal3471
Copyright 2012. Powered by etoro review. Custom text here