Pengalaman Pertama Mengumpulkan Data Primer

Print

Kamis, 25 Februari 2014 merupakan kali kedua baginya mendatangi sebuah perusahaan percetakan di Banda Aceh.Dia, seorang mahasiswi Jurusan Matematika yang juga anggota SPARG (Survey and Policy Analysis Research Group), ingin mengumpulkan data primer tentang kualitas produksi percetakan di perusahan tersebut.Rencananya mahasiswi tersebut akan mengumpulkan data sebagai bagiandari proses penelitian untuk penulisan skripsi yang akan dikerjakannya. Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sebagai syarat memperoleh gelar sarjana.

 Dalam penelitian tugas akhir sering kali dibutuhkan data, baik data primer yang dikumpulkan secara langsung dari sumber pertama maupun data sekunder dari sumber lainnya. Data tersebut menjadi catatan atas kumpulan fakta atau suatu permasalahan yang akan dianalisa untuk kemudian didapatkan hasil berupa penyelesaian atau rekomendasi penyelesaian masalah.Umumnya usaha mengumpulkan data primer lebih menantang ketimbang data sekunder.

Pada kesempatan kali itu si mahasiswihendak mengumpulkan data secara langsung dari perusahaan percetakan. Data yang diperlukan adalah data menyangkut kualitas produksi percetakan, khususnya data tentang kerusakan produksi koran. Kerena merupakan pengalaman pertama kali baginya, mahasiswi tersebutmerasa sedikit canggung dan ingin mengulur-ulur waktu agar tak harus kesana. Dia merasa tak tahu harus memulai dari mana dan harus menemui siapa. Belum lagi membayangkan apa yang harus dibicarakan dan bagaimana menyampaikan maksud dan tujuannya ke perusahaan percetakan tersebut.

Namun mengulur-ulur waktu seperti itu tidak mungkin terus dilakukan, jika ingin lulus sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditargetkan.Maka si mahasiswi bertekad “Agenda yang telah direncankan harus dikerjakan dengan baik. Akhirnya dia memberanikan diri untuk datang dan menyampaikan tujuannya.

Awalnya dia bertemu dengan bagian resepsionis, kemudian diarahkan kebagian umum.Seorang laki-laki dibagian umum menyambut dengan ramah dan menyambut baik tujuan si mahasiswi setelah mendengar penjelasannya.Tapi laki-laki itu mengatakan akan lebih baik jika langsung bertemu dengan manager perusahan karena untuk selanjutnya akan lebih banyak berhubungan dengan manager tersebut.

Bertemu dengan Pak Saiful, manager dari perusahaan tersebut,si mahasiswi menjelaskan bahwa ia adalah seorang mahasiswa dari Fakultas MIPA, Jurusan Matematika yang akan mengerjakan tugas akhir dan membutuhkan data berupa catatan kerusakan produksi percetakan, khususnya koran.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, perusahaan tersebut telah menentukan batas toleransi kerusakan produk yaitu sebesar 3,5 persen. Ini adalah informasi penting dari perencanaan dan analisa kualitas. Melalui data yang diperoleh nantinya akan dianalisa untuk melihat bagaimana proses pengendalian kualitas di perusahaan tersebut, apakah produk yang rusak berada dalam batas toleransi yang telah ditentukan atau tidak.

Kemudian juga dapat dianalisa bentuk kerusakan dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kerusakan percetakan dengan menerapkan alat bantu statistik seperti yang dipelajari dalam kuliahnya Statistika Pengendalian Mutu. Si Mahasiswi teringat dengan 7 Alat Kendali Mutu Statistik yang pernah dipelajarinya seperti diagram pareto, bagan kendali, diagram pencar, dan alat bantu lainnya untuk mengendalikan kualitas produk sehingga dapat menekan tingkat kerusakan produksidi perusahaan percetakan tersebut. Mendengar penjelasan darinya Pak Saiful pun mengizinkan untuk melakukan pengumpulan data diperusahaan tersebut. Namun karena ini berhubungan dengan proses produksi, saya akan menanyakannya lagi pada bidang produksi apakah data yang diinginkan ada, kemudian nanti akan saya hubungi kembali,” ujar Pak Saiful.

Kesan yang juga tidak terlupakan adalah ketika pertama kali datang ke perusahaan tersebut, yaitu pada tanggal 20 Februari 2014.Di tempat parkir si mahasiswi bertemu dengan seorang laki-laki yang mengira bahwa ia adalah seorang wartawan atau seseorang yang berkeinginan untuk melakukan publikasi lewat perusahaan tersebut.

He he, woalaah..apakah gaya saya mirip gaya seoarang wartawan yaa,” batin si mahasiswi itu.[lps]

Hubungi Kami

Universitas Syiah Kuala
Jl. T. Nyak Arief, Darussalam
Banda Aceh 23111
Kontak : 085372061778
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Partner

    

 

Pengunjung

4156
Hari IniHari Ini7
KemarinKemarin1
Minggu IniMinggu Ini7
Bulan IniBulan Ini116
TotalTotal4156
Copyright 2012. Powered by etoro review. Custom text here